Menu Click to open Menus

8 Cara Mengatasi HP Android Lemot

(7221 Views) Agustus 10, 2016 12:35 am

Hal yang paling menjengkelkan bagi para pengguna media elektronik khususnya smartphone android adalah ketika terjadi lemot atau kurang cepat dalam mengakses media, video, game atau aplikasi lainnya. Dalam uraian singkat ini semoga bisa bermanfaat untuk mengatasi smartphone android atau handphone (HP) yang berbasis android.

Trik Agar Android Tidak Lemot

Pertama, ada banyak kasus masalah yang di alami pengguna android khususnya penulis sendiri, misalnya ketika menjalankan aplikasi BBM, jika waktu login sangat lama loadingnya maka harus mencari jaringan yang stabil pasti lancar.

Namun ketika sudah berhasil login pada saat membuka aplikasi BBM dan membuka tab-tab baru mengalami loading kembali maka solusinya adalah menghapus aplikasi bbm dan instal kembali ke versi BBM sebelumnya yang lebih ringan tanpa embel-embel promosi yang sangat memberatkan.

Sebenarnya Mengatasi HP Android Lemot merupakan hal yang masih masih umum, tergantung lemotnya dibagian mana, saat membuka aplikasi apa saja. Untuk itu maka harus diperhatikan adalah membandingkan dengan jenis atau model smartphone android yang sama apakah di smartphone android yang sama juga lemot atau tidak ? jika lemot berarti di smartphone android anda bermasalah jika sama-sama lemot maka bisa jadi aplikasi atau game tersebut tidak cocok dengan spesifikasi smartphone android anda saat ini.

Mengatasi Smartphone Android Lemot

Pertama, hapus cache dan data sampah yang tidak berguna dalam perangkat android anda, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner dan aplikasi bawaan samsung seperti Smart Manager. Aplikasi samsung Smart Manager ini sangat penting dan banyak manfaat untuk mempercepat kinerja perangkat android.

Kedua, jangan gunakan wallpaper bergerak walaupun wallpaper gerak di android sangat bagus dan indah ada baiknya menghindari pemakainya wallpaper seperti ini. Karena akan memperlambat kinerja sistem android anda.

Ketiga, jika akan menjalankan aplikasi atau game yang dinilai besar maka keluarkan atau berhentikan apikasi-aplikasi yang sedang berjalan dari tab (bukan dihapus).

Kempat, ditakutkan sistem android anda diserang virus maka instal anti virus, scan semua file jika sudah selesai dan tidak ada virus atau virus sudah terhapus maka uninstal kembali aplikasi anti virusnya karena kebanyakan anti vitus tersebut bekerja secara reall time terus menurus dan akan memberatkan kinerja android anda.

Kelima, jangan sampai memori penyimpanan anda terlalu penuh. Jika muncul pemberitahun memori penuh maka ada baiknya pindahkan data-data foto, video, musik dan file penting lainnya ke kartu memori external. Lebih bagus lagi jika memiliki flashdisk atau harddisk external khusus file penting anda agar aman. Kenapa harus dipindahkan dari memroi hp ke micro sd ? karena ketika menjalan game atau aplikasi akan otomatis menambah file-file baru seperti history, cache apalagi aplikasinya banyak iqlanya.

Keenam, jangan gunakan launcher pihak ketiga jika dinilai smartphone android anda memiliki kinerja yang rendah, jika ada launcher yang yang lebih ringan dari launcher bawaan bisa menjadi solusinya. Namun launcher bawaan tentunya lebih bagus karena sudah di seimbangkan dengan spesisikasi smartphonya.

Ketujuh, jika lemotnya sudah sangat parah maka coba dengan hard reset atau Factory Reset smartphone android, namun sebelumnya backup semua data karena semua file akan hilang dan kembali seperti baru. Jika sudah di hard reset seperti baru lagi instal kembali aplikasi-aplikasi yang pentingnya saja.

Jika sudah di hard reset android masih tetap lemot, bisa jadi komponen dalam android anda sudah lemah. Bisa dari RAM, Prosessor dan lain sebagainya. Jika android sudah di root kemungkinan besar cara root di smartphone anda kurang sempurna.

Perlu diketahui juga bahwa yang sangat berpengaruh pada kinerja kecepatan android adalah kapasitas RAM dan Prossesor yang digunakan. Jika RAM 500 Mb ingin menjalankan game berat seperti Asphalt 8 maka jangan terlalu berharap bisa lancar memainkan game Asphalt 8.

Terakhir matikan pemberitahuan di aplikasi-aplikasi atau game yang tidak penting, caranya masuk pada pengaturan android pilih umum kemudian pilih Manajer Aplikasi setelah itu pilihlah aplikasi-aplikasi yang sering memberikan pemberitahuan kemudian hilangkan ceklist pada bagian kolom tampilkan notifikasi. Demikian semoga bermanfaat dan selalu jaga smartphone kesayangan anda jangan sampai rusak.


Tanggal :

Pencarian yg Masuk :

    cara mengatasi hp lemotcara mengatasi hp advan lemothp advan lemothp lemotcara agar hp tidak lemotmengatasi tablet advan lemotcara mengatasi tablet advan yang lemotcara agar hp advan tidak lemothp oppo lemotoppo f1s lemot
Tags: ,
Categorised in: