Menu Click to open Menus

Bahaya, Jangan Terlalu Keras Mengejan Saat BAB

(6838 Views) November 1, 2014 4:58 pm

Sedang buang Air besar
dZihni.com –  Serangan jantung bisa terjadi di mana saja dan saat apa saja Anda sedang beraktivitas, salahsatunya saat sedang susah Buang Air Besar (BAB). Pada saat mengejan ternyata bisa meningkatkan tekanan di bagian dada sehingga darah menjadi lambat kembali ke jantung.

Nampaknya dengan mengejan bukan hanya mengakibatkan serangan jantung, tetapi jika mengejan terlalu keras dengan tekanan yang besar pada perut hal itu pula dapat menyebabkan turunnya organ-organ yang akan membuat tidak nyaman. Seperti yang dilansir lansir website inilah, About dan Livestrong, berikut ini adalah beberapa akibat yang terjadi jika saat BABA terlalu sering mengejan terlalu keras.

Dapat Menyebabkan Wasir atau Ambeien

Wasir atau bahasa lainnya adalah ambeien, haemorrhoid atau pile merupakan lapisan selaput lendir di daerah lubang anus yang menjadi lemah dan kendur,  umumnya wasir ini terjadi karena buang air besar yang tidak teratur dan sering mengejan.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini biasanya dokter akan menyarankan agar teratur buang air besar (BAB) dan banyak makan makanan berserat.

Dapat Menyebabkan Hernia atau Turun Berok

Hernia atau biasa disebut dengan turun berok, hal ini terjadi ketika otot di selangkangan melemah sehingga  menyebabkan usus menonjol di pangkal paha. Tanda awal turun berok ini adalah terlihatnya tonjolan di daerah selangkangan.

Dapat Menyebabkan Usus Besar Turun

Keseringan mengejan saat buang air besar pula dapat menyebabkan usus besar turun atau bahasa lainnya Rektum turun yang merupakan ujung dari usus besar yang dekat anus. Jika terjadi peningkatan tekanan di perut, maka rektum bisa turun ke anus yang disebut dengan rektum turun atau prolaps rektum.

Perlu diwaspadai, dan perlu seceatnya diperiksakan ke dokter karana ada bahaya yang terkait dengan prolaps rektum ini, misalnya ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar, borok  di sekitar dubur dan kekurangan gizi.


Tanggal :

Pencarian yg Masuk :

    mengejan saat babmengejan bab saat hamil mudaakibat ngeden terlalu kerasbahaya mengejan saat bab pada ibu hamilefek mengejan saat babbolehkah ibu hamil mengejan saat buang air besarbahaya mengejan saat hamilNgeden saat hamil mudamengejan saat bab ketika hamilmengejan terlalu keras
Categorised in: