Menu Click to open Menus

Tips Membeli Akik Bacan Jangan Beli yang Banyak Kapurnya

(3151 Views) Juni 28, 2015 3:47 pm

dZihni.com – Batu akik memang sedang meradang saat ini di Indonesia, diantara banyaknya jenis akik yang sedang ramai di Indonesia, seperti Red Raflesia dan Bacan. Sesuai dengan judul, Bacan menjadi sorotan banyak kalangan dan kolektor, bahkan orang yang awam pun dibuat penasaran dengan harga batu akik Bacan tersebut.

Namun, harus diperhatikan bahwa jangan asal namanya saja bacan, baik itu Bacan Doko ataupun Palamea. Namun harus diteliti karena batu jenis Bacan ini berbeda, langka dan penuh misteri. Berikut ini adalah tips-tips yang wajib Anda ketahui sebelum membali batu akik bacan.

1. Usahakan Beli COD Ketemu Langsung

Jika anda senang belanja online, namun tidak mempunyai toko langganan yang mempunyai label maka berhati-hatilah. Bisa jadi foto akik bacan yang ditampilkan di toko online itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Beli Saat Akik Bacan Kering

Jangan sekali-kali membeli dan membeli bacan saat keadaan batu basah atau berminyak. Bisa jadi bacan yang sedang anda pegang itu banyak kapurnya. Dan ketika di keringkat dan kena sinar matahari akan terlihat bagaimana rupa aslinya. Karena sebuah perhiasan seperti akik tidak elok jika harus basah terus atau pakai minyak.

3.  Jangan Terlena dengan Tembus di Senter

Batu akik bacan ada juga yang belum kristal tapi tembus, batu akik bacan yang belum kristal cenderung rapuh dan mudah retak. Tanyakan kepada si pembeli apakah Akik Bacanya sudah tua atau masih muda ?

4. Jangan Beli Bacan Yang ada Banyak Kapur

Bagi yang belum tau, bacan yang mempunyai bacan kapur tampilan sangat jelek dan tidak cocok untuk dipakai sebagai perhiasan. Apalagi jika Bacannya masih muda dan banyak kapurnya. Meskipun katanya akan berubah dan terangkat kapurnya, namun pertanyaannya berapa Minggu ? Bulan ? atau berapa ratus tahun lagi untuk bisa sampai kristal dan kapurnya hilang ? Agar tidak kecewa, lihat dan raba batu bacan di saat kering dan disiang hari.

Contoh Bacan Berkapur

Foto diatas adalah contoh Bacan yang 100 % berkapur, jika dibasahi atau di olesi minyak warnanya akan hijau dan tembus di senter bisa sebagian, bisa tidak sama sekali tergantung ukuran. Namun, jika sudah kering bacan berkapur akan seperti itu. dan Perlu diketahui juga, bacan yang berkapur dan masih muda sangat rapuh apalagi jika sudah direndam air.

Bacan Muda Rapuh

5. Tips Beli Bacan Murah.

Jika anda ingin membeli bacan murah tetapi tidak mengecewakan dan ingin langsung bisa dipakai ada beberapa ciri-ciri yang mungkin akan dikenakan harga cukup murah seperti, ukuranya pasti kecil, flek hitam ada namun flek hitam dibacan tetap kristal enak di lihat berbeda dengan kapur.

 6 . Tips Penting

Jika anda akan membeli bacan siap pakai maka belilah yang tidak berkapur dan sedkit flek hitam kristalnya namun pasti ada harga ada rupa. Perlu diketahui asyiknya proses bacan itu ketika ada flek hitam kristal dipakai juga tidak malu-maluin dan kelihatan perubahannya sambil di pakai. Namun jika hitamnya sudah tidak ada, alis bersih hijau malah ngggak asyik sudah kayak Kalsedon biasa.

 


Tanggal :

Pencarian yg Masuk :

    bacan palamea rapuhbatu bacan palamea mudaproses batu bacan doko jadi kristal kena senterbatu bacan jelekbacan dokobacan muda berkapurTips beli bacan onlinejual bacanciri ciri bacan doko jelekciri batu bacan yang berkapur
Tags:
Categorised in: