Menu Click to open Menus

Tips Penting Memilih TV LED/LCD

(100021 Views) November 2, 2014 10:55 am

Tips Memilih TV LCD Bagus
dZihni.com – Nampaknya tips dari dzhini kali ini akan sedikit penting atau sangat penting untuk Anda simak. Pasalnya, dari beberapa forum diskusi banyak yang kecewa saat sudah membeli dan memakai TV Led/Lcd merk tertentu, misalnya ada titik terang, gambar blur dan lain sebagainya. Untuk itu ada beberapa tips sebelum membeli dan memilih TV LED/LCD.

Sedikit penjelasan dari LED (Light Emitting Diodes) dan LCD (Liquid Crystal Display) tersebut, dZihni memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengandung tips penting didalamnya.

TV LCD dan TV LED Sama Tipis

Layar LED sangat mirip dengan LCD, bahkan cara kerjanya juga tidak jauh berbeda. LED dan LCD memiliki layar datar tipis dengan memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Perbedaan dari keduanya adalah sumber cahaya, TV LCD menggunakan lampu neon sedangkan  TV LED menggunakan Light Emitting Dioda.

TV LED Lebih Hemat Daya

Untuk daya, LED bisa dibilang lebih hemat ketimbang LCD, TV dengan Layar LED sekurangnya mengkonsumsi daya 50-70% dan LED bisa lebih awet. Mengenai Viewing angle atau sudut pandang saat menonton TV yang menggunakan LED jauh lebih baik karena sudut pandang penglihatan dari samping kanan atau kiri tampilan dan warna tidak kabur.

Pilih TV LED dan TV LCD dengan Refresh Rate Tinggi

Yang perlu diketahui juga adalah Refresh Rate dari TV LCD dan LED,  dengan kata lain ini adalah kecepatan pergerakan gambar, hal ini bisa terlihat jelas jika sedang menontong pertandingan sepaakbola. Jika Refresh Rate rendah maka gambar atau tayangan akan blur atau buyar tidak jelas. Nah, kebanyakan televisi LCD dan LED memiliki refresh rate sebesar 60 Hz, untuk itu tanyakan berada refresh rate tv LED/LCD tersebut. Jika ratenya 240 Hz, 480 Hz atau 960 Hz maka itu lebih bagus.

Ukuran TV Lebih Besar Lebih Bagus

Jangan salah pilih juga, mengenai ukuran atau resolusi.TV LCD/LED dipasaran saat ini adalah menggunakan layar lebar. Sedangkan chanel TV yang ada saat ini masih terlihat berbentuk kotak lebih nyaman dilihat pada TV Tabung. Jadi jika dilihat di tv led gambar akan melebar. Jika resolusi dietting standar maka gambar akan terlihat kecil dan kedua sisi TV akan gelap tidak terpakai.

Teliti Titik Cahaya Cacat pada TV LED/LCD

Permasalahan yang kadang timbul dilayar TV LCD dan LED adalah munculnya titik terang bisa satu atau dua titik, hal ini biasa disebut dengan dead fixel atau stuck fixel. Maka perlu diperhatikan juga, titik terang ini biasa muncul disaat layar TV menyala dibagian hitam. Tentunya hal ini sangat menggangu, tidak enak dilihat karena ini adalah cacat produksi.

Maka harus teliti sebelum memlih TV seperti ini, teliti apakah ada titik terang atau tidak saat TV menyala pada bagian warna tertentu. Harus banyak bertanya juga garansi jika ada titik cahaya yang tidak hilang. Garansi untuk hal tersebut bisa berlaku jika sudah ada 2 atau 3 titik, tapi ya tetap saja ini adalah cacat, tidak nyaman dipandang.

Dapat disimpulkan bahwa, Tips memilih TV LCD/LED harus benar-benar teliti, lihat layar dari berbagai sudut, perhatikan resfest rate, ukuran TV LED/LCD lebih besar lebih bagus dipandang, Perhatikan cacat titik terang, bisa titik warna hitam, putih, biru, merah dll, pada layar. Penting juga mencari pengalaman pembeli tentang kerusakan atas merk tertentu di internet.


Tanggal :

Pencarian yg Masuk :

    tv led terbaikmerk tv led paling awettv led yang bagustips membeli tv ledmerk tv led yang bagusTips memilih tv ledtv led yg bagustv led paling bagustv yang bagusmerk tv yang bagus
Tags: ,
Categorised in: